LAPORAN AKHIR MODUL 1 PERCOBAAN 3



1. Jurnal
 [Kembali]







2. Alat dan Bahan [Kembali]
- Arduino
Dalam memprogram Arduino, kita bisa menggunakan komunikasi serial agar Arduino dapat berhubungan dengan komputer ataupun perangkat lain.




- Potensiometer
Potensiometer adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat disetel. Jika hanya dua terminal yang digunakan (salah satu terminal tetap dan terminal geser), potensiometer berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat.



- LCD
LCD adalah layar yang menggunakan susunan kristal cair dengan diterangi oleh lampu latar untuk menghasilkan gambar. Pada dasarnya, perangkat elektronik seperti laptop dan ponsel yang memakai layar LCD memiliki tampilan gambar serta keakuratan warna yang cukup baik.




- Bread Board
Merupakan sejenis papan roti yang biasanya digunakan untuk membuat prototype rangkaian elektronik. Beberapa orang kadang menyebutnya project board atau bahkan  protoboard (prototype board).




- Kabel Jumper
Kabel jumper adalah suatu istilah kabel yang ber-diameter kecil yang di dalam dunia elektronika digunakan untuk menghubungkan dua titik atau lebih dan dapat juga untuk menghubungkan 2 komponen elektronika. Kabel jumper jenis ini digunakan untuk koneksi male to male pada kedua ujung kabelnya.

- Keypad 
Keypad merupakan sebuah rangkaian tombol yang tersusun atau dapat disebut "pad" yang biasanya terdiri dari huruf alfabet (A—Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka serta simbol-simbol khusus lainnya.


3. Rangkaian  [Kembali]




4. Prinsip Kerja [Kembali]

Pada percobaan ini akan dibuat suatu alat yang dapat menampilkan karakter pada lcd dengan cara menekan angka pada keypad. Komponen yang digunakan adalah arduino, lcd, potensiometer, kabel jumper, bread board, dan keypad. Langkah pertama hubungkan arduino dengan kabel jumper sesuai pin, lalu hubungkan kabel jumper ke bread board, keypad, dan potensiometer. Langkah selanjutnya jalan kan program listing yang telah dibuat, dengan listing program sebagai berikut.
 

#include <LiquidCrystal.h>

#include <Keypad.h>

 

Berfungsi mendeklarasikan library LCD dan Keypad

const byte ROWS = 4;

const byte COLS = 3;

                                  

Berfungsi mendeklarasikan jumlah baris yaitu ada 4 dan jumlah kolom yaitu ada 3

char keys[ROWS][COLS] = {

{'1','2','3'},

{'4','5','6'},

{'7','8','9'},

{'*','0','#'}

};

 

Berfunsgi menginisialisasi keypad 4 x 3

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7};

byte colPins[COLS] = {13, 12, 11};

Berfungsi mendeklarasikan pin 10, 9, 8, 7 untuk baris sebagai input dan pin 13, 12, 11 untuk kolom sebagai output

LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);

Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );

 

Berfungsi menginisialisasi pin A0-A5 terhadap keypad

void setup()

 

Berfungsi membaca semua kode sekali

lcd.begin(20, 4);

lcd.setCursor(1,2);

lcd.setCursor(4,3);

lcd.setCursor(0,0);

 

Berfungsi sebagai set kolom dan baris pada lcd.

void loop() {

key = keypad.getKey();

if (key)

{

lcd.print(key);

}

}

 

Berfungsi mendeteksi bacaan keypad berdasarkan kondisi yang dipilih lalu menampilkannya pada lcd.



5. Video [Kembali]




6. Analisa [Kembali]

Percobaan 3 (LCD dan Keypad)

1. Apa yang terjadi jika pin kolom pada keypad dideklarasikan sebagai output dan pin baris sebagai input? jelaskan yang terjadi dan penyebabnya?

Jawab 

Apabila arduino dan keypad telah dihubungkan dengan LCD, dan program listing memerintah untuk mengoutputkan tulisan "praktikum" jika tekan angka "1". Lalu dimisalkan pin barisnya 7, 8, 9, 10 dan pin kolom 11, 12, 13. Maka pin 7, 8, 9, 10 akan menjadi input ketika angka "1" ditekan dan pin 11, 12, 13 akan menjadi output dan memberi feedback sehingga menampilkan tulisan "praktikum" pada LCD. Penyebab ini terjadi adalah pin kolom memang digunakan sebagai output dan pin baris digunakan sebagai input.

2. Apa yang terjadi jika pin 15 dan 16 LCD tidak dihubungkan? jelaskan apa yang terjadi dan penyebabnya?

Jawab

Pin 15 (anoda) terhubung ke bread board (+) dan pin 16(katoda) terhubung ke bread board (-), sehingga jika tidak terhubung maka LCD tidak akan menyala untuk menampilkan teks karena dipengaruhi anoda dan katoda yang berfungsi sebagai back light (memberi cahaya).

7. Link Download [Kembali]
-File html download file
-File Program download file
-File Video download file
-Datasheet Resistor download file
-Datasheet Arduino UNO download file
-Datasheet Keypad download file
-Datasheet Seven Segment download file
-Datasheet LCD download file
-Datasheet LED download file


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  BAHAN PRESENTASI UNTUK MATA KULIAH ELEKTRONIKA   2020/2021 OLEH: Muhammad Iqbal 2010951027 Dosen Pengampu: Darwison, M.T Referensi: 1. Rob...